Pemasaran Hasil Produksi
04 Maret 2019
Assalamualaikum Wr. Wb.
Pemasaran Hasil Produksi |
Kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan dan mempromosikan barang lebih dominan dalam suatu entitas untuk menghasilkan suatu barang keketimbang menghasilkan jasa. Pasar barang luas, tidak sekedar hanya meliputi wilayah kota, daerah dan negara, akan tetapi bisa mencakup seluruh dunia. Dengan tujuan untuk dapat menarik lebih banyak pembeli atau konsumen, pemasaran produk dilakukan dengan menggunakan cara promosi yang intensif dan pengiklanan. Produksi jasa hanya di lakukan dan diberikan untuk konsumen lokal. Entitas banyak yang tahu dan jasanya hampir sama. Untuk dapat melakukan promosi produk lewat adventeri akan sangat terbatas.
Pemasaran merupakan proses sosial individu dan kelompok yang ingin memiliki apa yang mereka inginkan dan butuhkan melalui cara menawarkan, menciptakan, dan menukar produk dengan pihak lain.
Ali Hasan berpendapat bahwa merencanakan pemasaran terlebih dahulu dimulai dari menemukan dan menetapkan tujuan dari perusahaan itu sendiri.
Strategi Pemasaran pada umumnya yaitu:
- Meningkatkan pasar
- Membuat pelanggan puas dengan produk yang ditawarkan
- mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang pendek atau panjang.
- Meningkatkan Kualitas produk.
Program yang harus dikembangkan oleh manajer perusahaan antara lain yaitu:
- Penetapan harga
- Anggaran pemasaran
- Target penjualan
- Alokasi bauran pemasaran
- Alokasi anggaran pemasaran
Baca juga : Produksi: Pengertian, Tujuan, Jenis dan Faktor
Implementasi untuk merencanakan pemasaran bisa jadi aktifitas terbaik bagi perusahaan, oleh sebab itu maka harus diorganisasikan lewat struktur organisasi yang dapat mencerminkan kegiatan pemasaran secara optimal.